Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu DATA

Jumat, 20 November 2015

Mengecek dan Mencari NISN Peserta Didik

Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN adalah nomor yang bersifat unik (tunggal) yang diberikan secara Random kepada peserta didik oleh Pusat Data Statistik Pendidikan (PDSP) kemdikbud. Demikian pentingnya NISN sehingga NISN perlu dikelola dengan baik agar data peserta didik selalu terjaga validitasnya. Oleh karena itu, setiap peserta didik wajib memiliki NISN. NISN ini digunakan selama seseorang menjadi peserta didik. Untuk pengusulan NISN itu sendiri menjadi kewajiban sekolah masing-masing. Karena tenaga administrasi sekolah juga manusia, tidak ada salahnya kita mengecek kevalidan data NISN anak ataupun adik-adik kita .
 
Bagi OPS, siswa atau orang tua siswa yang ingin mengecek kevalidan data NISN  dapat melalui tautan ini . Berikut langkah-langkahnya :

2. Kemudian akan muncul tampilan web NISN Kemdikbud


3. Langkah selanjutnya klik Data Siswa

4. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut :

5. Masukkan NISN Siswa (berjumlah 10 digit angka) yang ingin di cek Kebenaran datanya, apakah sudah sesuai atau mungkin NISN tersebut milik siswa lain. kemudian pilih "Cari".


6. Jika  NISN yang dimasukkan benar maka data siswa yang memiliki NISN tersebut akan ditampilkan

7. Lalu bagaimana jika saya tidak mengetahui NISN siswa yang ingin di cek kebenarannya ? caranya mudah, kembali kelangkah 4  kemudian pilih "Pencarian Berdasarkan Nama ".


8. Masukkan Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir (dengan format dd/mm/yyyy) sesuai kolom yang diminta.

9. Jika data yang anda masukkan benar, maka akan muncul NISN siswa dengan nama dan tempat tanggal lahir seperti yang dituliskan tadi.

10. Lalu bagaimana jika tidak berhasil ? kemungkinan ada perbedaan pada data siswa saat pengusulan NISN dengan data yang kita masukkan, atau dapat dicoba dengan menyingkat penulisan nama, misalkan (Muhammad menjadi Muh. atau M. ) dan sebaliknya.

11. Sekian postingan kali ini, Salam Satu DATA.


0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com